-

Laman

Senin, 09 Juli 2018

Fakta di balik mitos tentang otak

Fakta di balik mitos tentang otak,- Beberapa hal mengenai otak yang sering kita dengar terkadang hanya mitos belaka. Deepak Chopra,  mengungkapkan fakta di balik tiga mitos otak yang sering dipercaya.

Mitos: "Otak tak bisa berubah."
Fakta: "Otak manusia sebenarnya cukup fleksibel jika dirawat. Otak bisa dibentuk kembali, jalur-jalurnya juga bisa diubah jika manusia mau mempelajari hal baru, memiliki keinginan baru, dan melatih pemikiran mereka. Hal ini bisa dibuktikan ketika setiap kali ada orang yang mengalami pemulihan cepat dari penyakit.

Mitos: "Hilang ingatan karena usia tua tak bisa dicegah dan diputar balikkan."
Fakta: Sangat mungkin untuk mencegah atau bahkan mengembalikan ingatan yang hilang karena usia tua. Kuncinya adalah terus membuat otak aktif dengan belajar hal-hal baru. Selain itu, ingatan terkadang berkaitan kuat dengan perasaan. Untuk itu, lakukan segala hal dengan penuh perasaan dan semangat. Jangan mudah berputus asa atau apatis terhadap usia tua.

Mitos: "Semakin tua, otak kita semakin banyak kehilangan sel otak yang tak bisa digantikan.
Fakta: Manusia memang kehilangan se otak dengan bertambahnya usia. Namun sel otak bisa diperbarui dan ditingkatkan melalui proses neurogenesis. Kita bisa meningkatkan pertumbuhan sel dengan belajar hal-hal baru, mengambil risiko, dan melakukan gaya hidup sehat. Anda juga sebaiknya menghindari stres dan trauma yang bisa menghambat proses neurogenesis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar